Sabtu, 11 Desember 2010

Burung Puyuh Goreng Kremes


Penasaran ama sebentuk entah burung ato anak ayam di rak daging halal di supermarket. Tertulis di box nya caille, karena penasaran dan harganya juga ga gitu mahal aku beli aja deh ntar tanya om google itu apa artinya dalam bahasa nenek moyangku (hehehe...bukan contoh yg baek ya beli dl baru cari tau...yaa selagi msh terjangkau dan halal Insya Allah tetep bisa masuk perut hihihihi). Ternyata kata om google caille itu adalah burung puyuh...oalah....di Prancis ini ternyata burung puyuh jg dikonsumsi...hahaha...bersyukurlah kita. Kata temen kalo ga pinter ngolahnya nih burung bau amis kaya bebek..waduhh...mana ilmu memasakku masih amatiran...tp nekat aja deh sambil mikir enaknya dimasak apa. Tuk percobaan awal akhirnya aku coba bikin goreng aja deh, yg sebelumnya diungkep dl dengan berbagai rempah supaya ga ada bau amis...masaknya sambil komat kamit kaya baca mantera biar beneran ga bau amis...takut suami ga mau makan kl beneran amis soalnya.

Setelah dicuci bersih dan diberi perasan air jeruk nipis, burung aku ungkep dengan bumbu kuning ditambah jahe, laos, daun jeruk, daun salam dan sereh...biar wangi rempah. Setelah itu burung digoreng ditambah kremesan memanfaatkan air sisa ngungkep. Untuk kremesannya bener2 asal praktek yg berhasil, kalo sebelum2nya bikin kremesan hasilnya aga keras kaya peyek yg kali ini lebih rapuh. Padahal dah putus asa duluan krn ga punya tepung beras buat bikin kremesan, minta tolong ayah ke toko asia dah malas aja...jadi kremesanku kali ini menggunakan segala tepung yg ada di rumah (terigu, maizena, dan tapioka). Kunci bikin kremesan yg rapuh adalah penambahan telur dalam adonannya. Dan jika memanfaatkan air sisa rebusan/ungkep jangan lupa disaring dulu biar tidak ada gumpalan sisa2 rempah ato lemak dr ayam. Untuk pelengkap burung puyuh goreng ini ditemani sambal bajak kesukaan suami...enak juga kalo pake sambal tomat ato sambal terasi...disesuaikan selera aja deh:)

Bahan:
1. 4 ekor burung puyuh, bersihkan beri air jeruk nipis diamkan 10 menit kemudian cuci bersih.
2. 1 batang sereh, geprek
3. 1 lembar daun salam
4. 3 lembar daun jeruk
5. Minyak untuk menggoreng
6. Air untuk mengungkep

Bumbu halus:
1. 1 cm jahe
2. 1 cm laos
3. 1 cm kunyit
4. 3 siung bawang putih
5. ½ sdt ketumbar
6. 2 butir kemiri
7. Garam

Bahan kremes:
1. 1 butir telur
2. 300 ml air sisa ungkep (jangan lupa disaring)
3. 2 sdm terigu
4. 2 sdm maizena
5. 2 sdm tapioca
6. Garam

Cara membuat:
1. Ungkep burung bersama bumbu halus, tambahkan sereh, daun salam, dan daun jeruk. Ungkep hingga air menyusut ato burung telah matang (aku biar cepet tak presto 20 menit). Tiriskan lalu dinginkan.
2. Panaskan minyak banyak, goreng burung yg telah diungkep hingga kuning kecoklatan ato sesuaikan selera tingkat kekeringannya (kl aku ga suka yg terlalu kering, krn cenderung lebih keras). Angkat lalu tiriskan.
3. Kocok telur bersama air sisa rebusan, tambahkan sedikit garam. Campur bersama terigu, maizena dan tapioca. Aduk rata semuanya hingga benar2 encer dan halus (tdk ada yg grindil). Panaskan minyak banyak dengan api sedang, tuangkan 1 sendok sayur adonan ke dalam minyak, tunggu sampai kuning keemasan lalu angkat. Adonan lebih encer dari adonan peyek, ketika dituang ke minyak akan timbul bunyi berisik seperti hujan. Jangan lupa untuk meniriskan kremesan di atas kertas tisu, biar minyaknya berkurang.

1 komentar: