Sabtu, 11 Desember 2010

1.      Sekilas Tentang Puyuh.

Puyuh adalah golongan hewan  jenis burung yang merupakan makhluk Allah SWT , bentuknya seperti ayam, namun ukurannya kecil, yang awalnya binatang ini merupakan hewan liar, namun ternyata binatang ini mempunyai potensi dan keunggulan, sehingga oleh orang Amerika binatang ini diternakan, sebagai salah satu jenis usaha wirausaha.. di Indonesia sendiri peternakan puyuh baru dikenal pada tahun 1975an.  Secara umum puyuh mempunyai keunggulan antara lain sebagai berikut :
·        Ukuran tubuhnya yang kecil, sehingga untuk diternakan cukup memerlukan lahan yang tidak luas, pemeliharaan ringan, biaya hidupnya sedikit, namun mempunyai produksi telur yang yang sangat tinggi.

·        Keunggulan puyuh dari ternak lainnya cepat menghasilkan, umur 45 hari puyuh sudah mulai bertelur hingga umur 2 tahun, dengan rata-rata produksi setahun hingga 350 butir.

·        Puyuh tidak mudah terserang penyakit seperti binatang lainnya, bahkan konon menurut ahlinya penyakit puyuh dapat menular kea yam, tetapi penyalit ayam tidak bisa menular ke puyuh.
·        Beternak puyuh tidak serumit beternak ayam, antara lain tidak harus potong paruh, tidak harus vaksin secara kontinyu, sehingga dapat mengurangi biaya operasional dan tidak terganggu  stress.

Jenis puyuh sangat banyak, disini kami tidak menguraikan satu per satu jenis puyuh, namun jenis puyuh apapun pada dasarnya mempunyai keunggulan dan keunikan tersendiri. Jika ingin mengetahui jenis-jenis puyuh  pembaca yang budiman dapat memperoleh buku tentang puyuh yang sudah banyak beredar di Toko-toko.

2.   Prospek Usaha beternak puyuh

Puyuh mempunyai potensi besar untuk diternakan, karena puyuh mempunyai sifat yang menguntungkan sebagai hewan ternak.  Disamping dapat memproduksi telur juga dapat diambil dagingnya.  Telur dan daging puyuh mempunyai protein yang cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk bertumbuhan otak anak.

Tidak hanya itu saja, kotoran puyuh sangat baik untuk makanan ikan atau sebagai campuran makanan ternak dan juga sangat baik untuk pupuk tanaman.  Telur dan daging puyuh sangat diminati oleh masyarakat karena mempunyai gizi yang tinggi dan harganya sangat terjangkau oleh masyarakat.

Beternak puyuh  sangat baik jika diusahakan bersinerji dengan pertanian, seperti disampaikan di atas, kotoran puyuh sangat baik digunakan sebagai pupuk organik karena mempunyai kandungan nitrogin yang cukup tinggi.

Sebagai gambaran di Negara-negara lainnya, peternakan puyuh telah diusahakan / dibudidayakan dengan cara propfesional dan modern, maka apabila di Indonesia makin banyak masyarakat yang mengenal, memanfaatkan budidaya puyuh, akan semakin bagus prospek usaha puyuh ini.

Mengapa mereka berani membudidayakan puyuh dengan cara professional dan modern, karena usaha ini apabila dikelola dengan tekun dan semangat, diyakini bahwa usaha ini sangat memberikan harapan keuntungan yang meenjanjikan.

PERSIAPAN USAHA

1.      Sebelum Memulai Usaha.
Sebelum memulai usaha, terlebih dahulu perlu dipersiapkan segala sesuatunya agar dalam beternak puyuh tidak berhenti di tengah jalan, dengan kata lain kita perlu perencanaan yang matang dan serius. Perencanaan ini penting dengan melihat beberapa factor yang dapat mempengaruhi jalannya usaha, antara lain :

a.   Tenaga kerja.
Tidak semua orang atau masyarakat mau bekerja kotor, bau capai dan  berat, oleh karena itu tenaga kerja menjadikan faktor yang sangat penting.  Kita memerlukan tenaga kerja yang siap pakai dan penuh semangat, tekun dan rajin.

b.     Pasar
Sebelum beternak puyuh, kita harus mengetahui pasar, siapakah yang akan membeli produk yang dihasilkan, karena puyuh akan mulai berproduksi telur pada umur 45 hari yang merupakan waktu yang sangat singkat dan berlangsung lama.
Perlu adanya promosi, pengenalan terhadap puyuh, telur puyuh dan daging puyuh kepada masyarakat, karena budidaya puyuh tergolong masih jauh dikenal oleh masyarakat bahkan masih banyak masyarakat yang merasa aneh dan heran melihat puyuh, telur puyuh bahkan belum pernah mencoba daging puyuh.
c.   Kemauan dan kemampuan.
Pada dasarnya usaha bidang apapun harus dimulai dengan kemauan yang keras dan kemampuan  yang ada, demikianmpula halnya dengan usaha beternak puyuh.  Syarat ini sangat penting karena yang diusahakan merupakan komoditas yang hidup dan bernyawa, kelalaian dan ketidak seriusan dapat mengakibatkan kegagalan yang vital.   Apabila factor motivasi peternak kurang serius dalam melakukan usaha, ditambah dengan pengetahuan yang kurang dan kelemahan dalam mengontrol harga produk dari puyuh juga akan dapat mengakibatkan kegagalan.

Ketekunan belajar dapat dilakukan dengan membaca buku, bertanya kepada yang sudah pengalaman atau memperhatikan dari pengalaman yang telah dilakukan  merupakan kunci suksesnya usaha.

c.      Permodalan
Bagi para pemula, sebaiknya usaha dimulai dari skala kecil  dengan pengelolaan yang sederhana, karena apabila skala usaha yang dijalankan langsung besar dan tidak memperhatikan hal-hal yang telah disebutkan diatas, maka usahanya akan mengalami kegagalan.

Dengan diawali dengan modal yang kecil, namun mempunyai motivasi untuk maju adalah akan lebih baik.  Permodalan hendaknya disesuaikan dengan  kemampuan yang ada serta memperhatikan faktor-faktor diatas, setelah melihat hasil analisis usaha atau perkiraan keuntungan, maka usaha dapat dilanjutkan / diperbesar secara bertahap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar